5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - Bondowoso

Domba Texel merupakan jenis domba pedaging yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Saat tidak bermain, berat Texel yang dewasa bisa mencapai hingga 100 kilogram per ekor. Dalam kasus seorang wanita yang belum mencapai tahap kehamilan, beratnya bisa mencapai 90kg. Tidak diragukan lagi bahwa Texel adalah domba potong yang terkenal.

 

Texel berasal dari Pulau Texel Belanda. Diperkenalkan pada tahun 1950, Texel memiliki kesempatan untuk memantapkan diri di Indonesia. Domba yang sama populer dengan nama lokal misalnya, nama Dombos (Domba Wonosobo).

 

Nama itu diberikan karena 500 Texel mampu menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan setelah mereka masuk ke Indonesia pada era 1950-an. Bahkan sampai saat ini Wonosobo merupakan sentra terpenting Texel sebagai penghasil daging domba berkualitas internasional.

 

Banyak peternakan menawarkan benih domba Texel kepada individu dan juga pemilik ternak. Dengan sistem yang luas dan luas seperti ini, pertumbuhan Texel akan pesat dalam waktu yang tidak lama lagi.

 

Kabar baiknya, Texel tidak hanya bisa memanfaatkan dagingnya saja. Ada permintaan di pasar untuk produk yang terbuat dari trah ini bukan hanya daging, tetapi juga persilangan dan wol. Jadi, pemasaran Texel sangat luas dan dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan paling ekonomis.

 

Cara dan Tips Domba Texel yang Terbukti Sukses

 

Pada kenyataannya, ada banyak hal penting yang perlu Anda terapkan di peternakan Anda untuk sukses dalam budidaya Texel. Ada lima elemen penting yang harus Anda kembangkan lagi. Misalnya dalam memilih indukan Texel indukan yang memilih indukan harus memperhatikan kualitas baik fisik maupun genetik.

 

Secara detail disini kami akan membahas cara terbaik beternak domba Texel, termasuk proses budidayanya agar anda sukses dalam pemasaran.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk membangun usaha pertanian, Anda harus memastikan untuk membeli domba Super Texel yang berkualitas. Alasannya karena induk inilah yang menentukan siapa yang akan menjadi anakan berikutnya untuk F1, F2, F3, dan seterusnya. Jadi, pemilihan indukan perlu dilakukan secara selektif.

 

Ciri-ciri breeder super texel antara lain :

 

A) Memiliki tubuh yang besar dan simetris di kedua sisi kanan.

B) Selaput mata tidak tampak putih, tetapi warna matanya terang dan jernih.

C) Tubuh berisi, tapi tidak berlebihan lemak. Domba yang terlalu gemuk dan menggumpal biasanya memiliki masalah genetik.

d) Tidak adanya cacat fisik pada sifat induk Texel ini dapat diamati dengan jelas. Seperti, misalnya, tidak pincang serta tidak buta atau bisu, dan sebagainya.

E) Lubang hidung tampak lembab (tidak terlalu berair tapi tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan Bentuk testisnya teratur. Tonjolan yang terlihat pada kaki lebih besar atau lebih menonjol saat kita menyentuhnya.

G) Sedangkan untuk Texel betina, ambingnya normal dan juga besar. Selain itu, jumlah puting susu sudah terbentuk, dan aktif (hal ini penting untuk memastikan keturunannya juga sehat).

h) Umur indukan minimal satu tahun kalender atau lebih. Untuk memastikan bahwa unsur fisik dan psikis sudah matang untuk memberikan keturunan yang terbaik.

 

Jika Anda sedang mencari indukan baik jantan maupun betina, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan pemiliknya. Cari pembeli berupa peternakan yang profesional, ramah, dan memiliki layanan pelanggan terbaik.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman agar tidak berdampak buruk pada kesejahteraan psikologis ternak. Tidak jarang para peternak mengabaikan kandang ini, padahal kandang merupakan aspek penting yang berperan vital dalam kemajuan ternak domba.

 

Kandang yang dirancang untuk memberi makan domba di bawah usia 9 bulan dapat ditempatkan di kandang komunitas. Satu kandang dapat menampung antara lima hingga 10 hewan sesuai dengan ukuran kandang.

 

Setelah mereka dewasa, Anda dapat memindahkan domba ke kandang terpisah. Pastikan domba Anda dapat tetap bergerak, berputar, tidur, dan lainnya. Intinya, penempatan yang Anda gunakan untuk kandang panggung, atau sangkar tanah perlu memperhatikan aspek ini.

 

Ciri-ciri kandang yang sehat dan nyaman antara lain:

 

a) Kandang ini terlihat bersih dan tidak ada kotoran yang menumpuk cukup lama.

b) Memiliki sinar matahari yang cukup Tidak harus tertutup rapat untuk mencegah masuknya sinar matahari.

c) Tempat teduh dan tidak terlalu panas meskipun membutuhkan sinar matahari, tetapi pastikan suhunya tidak terlalu panas agar domba nyaman.

D) Lokasi harus setidaknya 5m dari rumah.

 

Saat membuat kandang untuk kandang domba, perhatikan jarak pagar dengan tanah. Jarak minimum sekitar 70 sentimeter. Bagian atas atap depan lebih tinggi dari atap belakang, sehingga hujan dan embun akan jatuh di atap secara mulus.

 

3. Persilangan dengan Fullblood Sheep

Jika ras betina Anda adalah Texel Anda dapat mengawinkan domba fullblood dan mendapatkan anak ayam yang berkualitas baik dan super. Seperti misalnya Domba Dorper yang terkenal dengan dagingnya itu.

 

Metode persilangan atau dikenal juga dengan persilangan domba ini merupakan salah satu langkah utama dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas genetik suatu breed. Anda di peternakan dapat mencoba keturunan berkualitas lainnya dalam produksi daging atau untuk menargetkan keunggulan genetik tertentu.

 

Di pasaran, domba Texel yang sedang bunting dan memiliki domba Dorper fullblood, dijual dengan harga lebih tinggi. Biasanya, pada kelahiran pertama, anak domba dapat menghasilkan satu anak, sedangkan pada kelahiran kedua, dan setelahnya, mungkin lebih besar dari itu.

 

Apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda mencapai persilangan ini?

 

a) Temukan persilangan yang memiliki pertumbuhan cepat. Dengan perawatan normal (tidak dimodifikasi secara genetik, seperti ayam pedaging), peternakan Anda akan berpotensi memanen lebih banyak domba dengan lebih cepat.

 

b) Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jika domba Texel memiliki kecenderungan untuk sakit, maka tentu saja pertumbuhannya akan terpengaruh. Namun, peternak harus lebih memperhatikan hal ini.

 

c) Daging berkualitas tinggi, bebas lemak. Jenis daging ini menjadi fokus pasar internasional.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Karena termasuk jenis domba pedaging, maka pemberian pakan texel perlu diperhatikan. Penting untuk memastikan bahwa pakan memiliki kandungan serat yang cukup, terutama yang berasal dari sumber alami seperti rumput. Saat Anda beternak domba di kandang komunal, Anda bisa menambahkan pakan konsentrat khusus untuk domba yang Anda pelihara.

 

Beberapa saran pakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan Texel antara lain:

 

a) Hijauan yang dapat diberikan kepada domba dengan perbandingan 10% dari berat totalnya. Frekuensi pemberian pakan tergantung dari rutinitas kebiasaan pribadi peternak biasanya, namun biasanya dua kali sehari.

 

b) Pakan fortifikasi khusus yang didesain untuk indukan laktasi dan indukan bunting, siap kawin jantan, domba, hingga domba yang sedang dalam tahap penggemukan. Jenis pakan yang bersifat fortifikasi bisa dibuat dari biji-bijian, bekatul dari jagung, bungkil kelapa, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

 

c) Garam dan suplemen makanan yang diformulasikan khusus untuk domba potong untuk menyediakan mineral bagi pertumbuhannya.

 

Pakan fermentasi merupakan alternatif yang baik untuk memangkas biaya produksi pakan domba. Saat Anda memfermentasi pakan, penting untuk menjalin hubungan baik dengan domba terlebih dahulu. Peralihan tiba-tiba dari pakan ke fermentasi sebenarnya dapat menyebabkan domba tidak mau makan.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Cara menjual domba Texel bisa berupa produk yang dihasilkannya seperti daging, atau dengan menjual bibit yang sudah dipelihara. Cara penjualan yang benar akan meningkatkan proporsi penjualan domba. Oleh karena itu, ada peningkatan arus kas ke peternakan. Ini, pada gilirannya, menciptakan keuntungan ekonomi bagi peternak.

 

Artikel berikut menawarkan panduan untuk menjual domba yang siap menghasilkan keuntungan dari peternakan Anda.

 

a) Pemasaran domba di pasar hewan. Metode penjualan domba ini paling umum dan konvensional. Dimungkinkan untuk mendapatkan pembeli kapan saja. Jangkauan layanan juga dibatasi, biasanya hanya orang dari satu wilayah.

 

b) Mendistribusikan brosur iklan secara offline. Potensi Texel sebagai domba pedaging umumnya dimanfaatkan untuk hewan kurban. Oleh karena itu tempat yang tepat untuk memasarkan ide ini adalah dengan menyebarkan brosur di mesjid, restoran, dan tempat-tempat umum lainnya.

 

C) Memanfaatkan platform pesan dan media sosial. Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas jumlah koneksi dalam pemasaran texel untuk domba. Anda dapat memperkenalkan peternakan dan peternakan di saluran media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

 

d) pemasangan produk peternakan di marketplace dan website. Ini adalah cara modern yang sangat mungkin berhasil dalam waktu dekat. Karena web dan pasar tidak dapat dirusak oleh berlalunya waktu. Faktanya, semakin tua Anda, semakin besar prioritas yang Anda dapatkan dari mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Banyak konsumen hewan texel, dewasa, bahkan ibu hamil. Selain beriklan melalui berbagai kanal yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, Anda juga bisa bermitra dengan peternakan lain, seperti GibasBarokah.com.

 

Cara ini menjadi kemitraan yang saling menguntungkan, dan Andalah yang memutuskan berapa harga pasar yang pantas untuk produk ternak Anda dari domba Anda. Tentu saja, penetapan harga harus adil mengingat aspek fisik dan genetik domba.

 

Jika anjing diberi makan dengan baik dan berkualitas baik, Anda dapat mengharapkan untuk membayar harga yang wajar. Namun, jika situasinya tidak ideal atau bahkan ras berikutnya bisa menantang, harganya bisa lebih rendah dari pasar saat ini.

 

Oleh karena itu, peningkatan kualitas dan efisiensi semua ternak sangat penting. Sejak menentukan Berapa harga domba yang akan dijual di pasaran nanti. Untuk meningkatkan kualitas produk dan kualitas ternak anda, dan kawin silang seperti di atas dengan domba fullblood yang terbukti memiliki kualitas terbaik.

 

Domba fullblood yang Anda bawa bisa menjadi aset investasi yang bagus. Seekor domba jantan memiliki potensi untuk kawin dengan hingga 25 betina. Komponen genetik domba jantanlah yang menentukan apa yang dihasilkan oleh peternakan di peternakan, apakah kualitasnya meningkat atau tidak.

 

Berikut beberapa ide cara beternak domba Texel sebagai jenis daging yang sangat diminati di Indonesia. Harga jual dan beli cukup stabil, artinya peternak tidak takut untuk beternak domba jenis ini. Semoga peternakan mendapatkan yang terbaik di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

Keunggulan Penggunaan Pagar Beton dalam Konstruksi

Beragam Fasad Rumah Minimalis